Keindahan Wisata Pantai Tungau

Tempat wisata di Provinsi Bangka Belitung cukup banyak. Terutama pulau dan pantai, karena memang provinsi ini adalah provinsi kepulauan. Sehingga tidak heran banyak sekali pulau dan pantai yang sangat menarik para wisatawan dengan keindahannya.
Salah satu keindahan wisata yang terdapat di kabupaten Bangka Barat yaitu Pantai Tungau, pantai yang terletak di Desa simpang Gong Kecamatan Simpang Teritip. Keindahan pantai ini sungguh memanjakan. Pantai ini selain menjadi tempat berlibur bagi masyarakat seputaran bangka barat, pantai ini juga sering menjadi fokus acara tahunan yakni pergantian tahun baru, 
tidak cukup sampai disitu, Ekosistem terumbu karang dipantai ini juga tidak kalah dengan pantai-patai lainnya, ekosistem terumbu karang ini disebut "†Karang Sebidangâ€" oleh penduduk setempat. Berjarak sekitar  2 km dari lokasi. Luasan karang merawak sekitar 800 m2 dengan kondisi tutupan yang tergolong rendah (25 -50%). namun sangat disayangkan Tampak jelas bahwa karang di lokasi ini tertutup oleh sediment halus sehingga banyak yang mati dan merana. Selain itu banyak juga terdapat biota Diadema sp (bulu babi). Kawasan ini telah dikembangkan oleh Kabupaten Bangka Barat sebagai kawasan wisata bahari yang cukup baik. Mulai dari perbaikan jalan, pembangunan rumah pendududk dan fasilitas penunjang wisata lainnya. Tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat saat akhir pekan.

No comments:

Post a Comment